Tinggal di Negara Tropis, Mandi Malam Malah Banyak Untungnya!

Setelah bebas bergerak seharian, kamu pasti merasa gerah, lengket, dan penuh keringat bukan? Apalagi kamu tinggal di negara tropis yang suhunya lumayan bikin gerah. Nggak heran kalau kamu punya kebiasaan mandi sehari dua kali, yaitu pagi saat akan aktivitas atau malam sebelum tidur.

Manfaat Mandi Malam

Tapi, banyak sumber menyebutkan jika mandi malam nggak baik buat tubuh dan kesehatan. Tapi, ternyata hal ini nggak sepenuhnya benar loh, Friends. Karena menurut American Journal Biology, kamu boleh-boleh aja kok mandi saat malam hari, dengan syarat pakai air hangat dan untuk kesehatan kulit gunakan sabun anti bakteri. Selain itu, kamu juga harus mandi setidaknya dua jam sebelum tidur. Mandi malam dua jam sebelum tidur nyata punya banyak manfaat berikut ini.

1. Tidur jadi lebih nyenyak

Beberapa artikel riset menyebutkan jika mandi malam dengan air hangat bisa meningkatkan kualitas tidur kamu. Ini karena temperatur tubuh kamu akan meningkat ketika kamu berandam atau membasuh tubuh akan air hangat. Kemudian, setelah kamu melangkah pergi dari kamar mandi secara otomatis tubuh akan memberikan sinyal bahwa kamu siap tidur. Hal inilah yang bikin kamu punya kualita tidur yang lebih baik dan lebih cepat ngantuk. Kamu punya insom? Boleh banget nih coba mandi malam pakai air hangat!

2. Memperbaiki dan meningkatkan pernapasan

Temperatur pada air hangat akan memberikan tekanan pada bagian dada kamu. Ternyata ini mampu meningkatkan kapasitas paru-paru serta asupan oksigen. Mirip dengan efek sauna, beberapa studi menyebutkan jika manfaat air hangat bisa menurunkan serangan jantung dan meningkatkan kontrol terhadap gula darah sehingga bisa menurunkan tekanan darah.

3. Bikin otak encer

Siapa sangka kalau mandi air hangat bisa bikin otak kamu makin encer. Mandi atau berendam dalam air hangat malam hari bisa bikin sistem saraf tenang. Saraf yang tenang bisa membuat otak bekerja secara efektif dan konsentrasi kamu jadi lebih fokus. Air hangat ini juga akan merangsang otak untuk memproduksi hormon oksitosin untuk melawan hormon kortisol (hormon penyebab stress).

4. Bau badan jadi awet

Kalau sprei kamar selalu bersih dan wangi, kamu pasti bakal betah mager di kasur. Selain nyaman, kondisi sprei yang bersih bisa bikin bau badan kamu jadi berkurang dan mencegah datangnya jerawat. Buat kamu yang punya problem keringat berlebih, mandi malam pakai air hangat bisa jadi solusi yang baik. Selesai mandi, jangan lupa pakai deodorant! Pakai deodoran di malam hari justru bikin kandungannya lebih terserap dengan baik.

Mandi Lebih Bersih dan Bebas Bakteri dengan Sabun Medicare

Mandi air hangat setelah seharian beraktivitas dapat membersihkan kulit dan menghilangkan sel kulit mati sehingga pori-pori tubuh jadi lebih bersih dan sel kulit dapat berfungsi dengan baik. Akan lebih baik kalau kamu mandi pakai sabun antiseptik atau sabun antibakteri Medicare. Mandi dengan sabun Medicare akan menghilangkan bakteri-bakteri jahat yang dapat menimbulkan iritasi pada kulit dan masalah kulit lainnya.

Pilihan sabun Medicare yang baik untuk mandi dengan air hangat di malam hari adalah Lemon Fresh yang bakal bikin kamu fresh dengan kandungan ekstrak lemon, Active Blue yang usir bakteri tanpa ampun, dan Cool Blue yang bisa membuat mood kamu always cool. Setelah ini, jangan takut lagi mandi malam, Friends!