Tips Memilih Kompor Listrik Terbaik untuk Kebutuhan Memasak di Dapur

Perkembangan teknologi semakin memanjakan masyarakat untuk bekerja secara lebih mudah. Salah satu contohnya adalah kehadiran kompor listrik yang jauh lebih praktis daripada kompor minyak ataupun kompor gas. Bagaimana bisa dibilang lebih praktis? Diawali dari cara pengoperasikannya yang tidak membutuhkan bahan bakar minyak dan gas, melainkan energi listrik.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan stok minyak dan gas karena asalkan sumber daya listrik terpenuhi, maka memasak bisa dilakukan kapan saja. Kompor listrik juga nyaman dan tidak sulit untuk digunakan. Desainnya yang ringkas sangat menghemat tempat dan lebih kompak. Hanya saja, perhatikan beberapa hal penting berikut ini sebelum membeli kompor listrik terbaik.

Cek Spesifikasi Detail Bagian Pemanas Kompor Listrik Dulu!

Jual Kompor Listrik Berkualitas Harga Terbaik

Perlu Anda tahu, terdapat tiga jenis kompor listrik yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seperti apakah karakteristik ketiga kompor listrik tersebut?

Kompor Listrik dengan Tipe Kawat Terbuka

Pertama, jenis kompor listrik tipe kawat terbuka. Tipe ini merupakan yang pertama kali dibuat. Jika diamati, ada bagian yang berwarna putih yang disebut tembikar tanah liat. Bagian ini sangat tahan terhadap panas. Kemudian, ada juga gulungan kawat pemanas yang disusun secara spiral. Ketika proses pemanasan dilakukan, maka kawat pemanas ini akan berwarna merah. Sebaiknya, letakkan lapisan jaring di atas bagian pemanas saat akan digunakan. Dengan konstruksi ringan dan kecil, harga kompor sederhana ini tergolong murah. Strukturnya yang stabil menjadikan kompor ini cocok untuk memasak dengan panci ukuran kecil sekalipun.

Kompor Listrik dengan Kawat Spiral Tertutup yang Kuat dan Tahan Lama

Jenis kompor listrik selanjutnya adalah kompor listrik dengan kawat spiral tertutup yang tahan lama dan kuat. Sebenarnya, tipe kompor ini memiliki gulungan kawat spiral seperti halnya tipe sederhana, hanya saja dilengkapi dengan lapisan pembungkus kawat dari material isolator.

Kemudian, kawat ini dimasukkan dalam pipa logam. Perbedaan lainnya, tipe kompor ini memiliki struktur yang lebih tahan kuat dan tangguh.Pembungkus kawat spiral ini berfungsi untuk mengonstrol dan menstabilkan suhu panas kompor. Bagian pemanasnya pun lebih mudah dibersihkan. Hanya saja, model ini sangat sulit ditemukan pada toko online di Indonesia.

Kompor Listrik Model Pelat yang Mudah Dibersihkan

Dilihat dari penampilannya, kompor listrik model pelat terlihat seperti kompor induksi. Namun, sebenarnya kompor listrik ini dilengkapi dengan pelat yang menutupi kawat pemanas. Anda pun bisa membersihkan kompor ini hanya dengan menyeka permukaannya saja.

Sebagai alternatif dari kompor gas dan minyak, jenis kompor listrik ini menyerap daya listrik yang cukup tinggi. Apalagi dibandingkan kompor induksi yang lebih efisien ketika digunakan pada daya yang sama. Kelebihannya, kompor listrik lebih kompatibel untuk berbagai bentuk peralatan masak, bahkan dari material aluminium dan tembaga sekalipun. Menggoreng dengan kompor listrik pun jadi lebih mudah dan praktis.

Kini, tersedia pula jenis kompor listrik travel yang bisa Anda bawa ketika jalan-jalan atau camping. Jenis kompor listrik portable untuk traveling ini biasanya memiliki bentuk yang mini, mudah disimpan dalam tas, dan tidak menyita banyak ruang.

Banyaknya merek kompor listrik terbaik tentunya membuat Anda pusing hendak memilih yang mana. Namun, satu hal yang perlu Anda pertimbangkan selain spesifikasi detail bagian pemanas adalah daya listrik yang dibutuhkan. Jangan sampai terlalu besar! Selengkapnya mengenai pilihan merek kompor listrik terbaik dan harganya, sila cek pada situs marketplace terpercaya JD.ID ya!