Tips Menjaga Asupan Gizi Selama Bulan Puasa

BLoGkiTa – Puasa merupakan salah satu ibadah yang wajib dijalankan oleh para umat muslim. Saat berpuasa, umat muslim dilarang makan dan minum mulai dari terbit matahari hingga terbenamnya matahari. Kondisi tersebut sangatlah menantang terutama dalam hal menjaga kesehatan. Karena, asupan gizi selama bulan puasa perlu tetap dijaga meski konsumsi makan dan minum dibatasi. Lalu, bagaimana cara menjaga asupan gizi selama bulan puasa? Inilah beberapa hal yagn bisa Anda lakukan.

Menjaga Asupan Gizi Selama Puasa

Tidak makan berlebihan saat berbuka

Saat berbuka puasa merupakan saat yang paling menyenangkan bagi para umat muslim yang berpuasa. Tak jarang berbuka puasa dirayakan secara berlebihan hingga mengonsumsi makanan secara berlebihan pula. Hal ini jelas bukan merupakan hal yang baik karena mengonsumsi makanan secara berlebihan akan mengganggu pencernaan Anda. Sebaiknya, makanlah secukupnya dengan porsi yang biasa Anda konsumsi sehari-hari agar sistem pencernaan tidak terbebani oleh makanan yang terlalu banyak ketika berbuka puasa.

Minum cukup air mineral setiap hari

Menjaga cairan tubuh saat berpuasa sangatlah penting untuk dilakukan. Anda bisa menjaga cairan tubuh dengan minum cukup air mineral setiap harinya. Caranya, Anda bisa minum 2 gelas air mineral saat berbuka, 2 gelas air mineral setelah makan, 2 gelas air mineral sebelum tidur dan 2 gelas air mineral saat sahur. Minum cukup air mineral akan membantu menjaga cairan tubuh Anda sekaligus membuat tubuh jadi tetap segar saat berpuasa.

Hindari makanan junk food

Supaya tubuh bisa mendapatkan gizi yang optimal selama berpuasa, hindari konsumsi makanan yang minim nutrisi. Makanan seperti Junk Food perlu Anda hindari karena bisa berdampak buruk bagi tubuh dan minim nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Konsumsilah makanan yang lebih bernutrisi seperti buah-buahan, sayuran atau daging selama berpuasa.

Tiga hal diatas bisa membantu Anda agar tetap bugar dan fit selama berpuasa. Menjaga asupan gizi merupakan salah satu agenda yang berusaha dikampanyekan oleh CEO Mayora melalui program Germas yang digagasnya. Lewat program tersebut, Mayora Nutrition bekerja sama dengan pemerintah dan lembaga terkait berupaya untuk mengedukasi masyarakat serta mengajak masyarakat agar memiliki pola hidup sehat. Sehingga, masyarakat bisa lebih bugar dan terbebas dari penyakit terutama pada saat bulan puasa.