TNI AU dan USAF Gelar Latma Teak Iron 2014

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) dan United State Air Force (USAF) akan menggelar Latihan Udara Bersama di Lanud Roesmin Nurjadin, yaitu Air Mission 

Exercise (AMX) dengan sandi “Teak Iron 2014”  yang akan dibuka secara oleh Direktur Latihan kedua Negara di Main Apron Lanud Roesmin Nurjadin, Selasa (13/5).
 

Dalam pelaksanaannya, kedua Angkatan Udara melatih para personil yang terlibat Latihan “dropping pasukan dan droping logistic” dalam kondisi perang, bencana alam maupun kondisi tertentu yang mengharuskan diterjunkannya sejumlah pasukan dan logistik melalui media udara.

USAF melibatkan dua pesawat angkut jenis C-130 dan ratusan personil yang berasal dari Special Operation Group (SOG) 353 yang berpangkalan di Jepang, sedangkan TNI AU akan melibatkan sejumlah pesawat Hercules C-130 Skadron Udara 32 Abd Saleh, Malang dan sejumlah pasukan dari Batalyon Komando 462 Paskhas yang bermarkas di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Latihan direncanakan berlangsung hingga 23 Mei 2014 ini akan melaksanakan Latihan Misi Penerbangan di “West Training Area” Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, dengan lokasi dropping zone di Pasir Putih dan Siabu.

Hingga hari ini kesibukan sejumlah personil USAF yang berposko di Air Combat Manouver Instrumen (ACMI) Lanud Roesmin Nurjadin dalam menyiapkan seluruh peralatan yang akan digelar selama pelaksanaan Latihan berlangsung.
Sumber : TNI