TNI AU Turunkan Satu Wing Pasukan Khas Rebut Pangkalan Udara

Sebanyak 1 Satuan Setingkat Wing/Brigade Pasukan Khusus TNI AU melaksanakan Operasi Perebutan dan Pengendalian Pangkalan Udara (OP3U) terhadap sasaran Pangkalan Udara Abdulrahman Saleh dari penguasaan para Agresor, Selasa (06/05).
 

Pada Operasi tersebut Wing II Paskhas melibatkan 3 Batalyon Komando jajarannya  yakni : Yonko 464, 466, dan 468 serta 1 Detasemen Matra 2 Paskhas yang turut berperan terhadap jalannya misi ini.

Operasi tersebut juga melibatkan 1 Tim Combat SAR untuk menolong dan membebasan Pilot pesawat tempur TNI AU beserta dokumen yang berhasil ditawan oleh musuh. 
Akhirnya, Bandara dapat dioperasionalkan kembali untuk kegiatan penerbangan dalam rangka mendukung Operasi selanjutnya, sedangkan pasukan dari ketiga Batalyon Komando itu pun melaksanakan tugas untuk mempertahankan Bandara yang telah dikuasai dari usaha-usaha musuh untuk merebutnya kembali.

Kejadian itu merupakan skenario Operasi Perebutan dan Pengendalian Pangkalan Udara (OP3U) yang merupakan bagian dari Operasi Udara yang dilaksanakan oleh pasukan dari Wing II yang didukung oleh Lanud Abd Saleh Malang dalam rangka Latihan Hardha Marutha 2014.

Latihan tersebut dikendalikan langsung oleh Danwing II Paskhas, Kolonel Pasukan Hadi Suryono dan disaksikan oleh beberapa Pejabat Lanud Abd Saleh Malang. Latihan ini digelar mulai tanggal 05 hingga 07 Mei 2014 dengan mengambil daerah latihan di wilayah Kec. Singosari, wilayah Kec. Pakis, Kab. Malang dan Pangkalan TNI AU Abd. Saleh area.
Sumber : TNI