TNI Kebanjiran Alutsista Baru Tahun Ini

Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun ini bakal kedatangan banyak alat utama sistem pertahanan (alutsista) terbaru. 

Kapuspen TNI Mayjen TNI Fuad Basya mengungkapkan, untuk TNI AU, KRI Usman-Harun akan tiba dari tanah air pada bulan Oktober nanti.

Selain itu ada tank Leopard asal Jerman yang juga akan memperkuat jajaran tank untuk TNI AD. “Beberapa alutsista mutakhir yang kita pesan akan tiba dalam waktu dekat ini. 

(KRI) Usman-Harun sampai disini pada Oktober, tank Leopard ada 30 unit sekitar September serta meriam untuk TNI AD yang sudah diperkenalkan hari ini,” kata Fuad disela lomba menembak antar wartawan di Lapangan Tembak Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (6/5).

Selain itu 5 pesawat tempur F-16 terbaru juga akan memperkuat TNI AU dalam waktu dekat ini guna mengisi skuadron 16 yang kini armada tempurnya sudah usang. “Dan juga ada 5 unit F-16 yang akan mengisi skuadron udara 16 yang pesawatnya akan kita ganti karena sudah tua. Mudah-mudahan bisa tiba sebelum HUT TNI 5 Oktober,” tambahnya.

Hari ini TNI AD memperkenalkan 18 unit meriam jenis Tarik How 155 mm didatangkan dari Korea Selatan. Meriam jenis Tarik How 155 mm mempunyai spesifikasi jarak tembak 22 hingga 30 km dengan menggunakan peluru atau amunisi standar.

Meriam ini mempunyai berat kurang dari 7 ton dan memiliki elevansi yang dapat menembak arah lintasan langsung dan lintasan curam. Meriam tersebut juga dilengkapi dengan sistem pengisian proyektil secara semi otomatis. Tak hanya juga mempunyai kelengkapan untuk penembakan di malam hari. 

Sumber : Gatra