UE dan Indonesia gagas kerjasama keamanan

Memperingati berdirinya 50 tahun Uni Eropa (UE), mereka akan menggelar acara pekan Uni Eropa di sembilan kota di Indonesia. 

Acara yang bertujuan memperat hubungan Indonesia dan Uni Eropa tersebut akan digelar 2 hingga 11 Mei mendatang.

Ditemui saat jumpa wartawan pada Kamis (30/4/2014), di Jakarta, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Olof Skoog memberikan penjelasan mengenai acara apa saja yang akan ada dalam pekan UE tersebut. 

Menurut dia salah satu acara yaitu seminar bertajuk “Hubungan Indonesia-UE, Merangkul Nilai-Nilai Bersama”. Dalam seminar itu, UE dan Indonesia akan akan membahas seputar hubungan kerjasama Indonesia dengan UE dalam bidang keamanan.

“Urusan keamanan bukan hanya mengenai hardware saja, masih banyak hal lain yang bisa dilakukan dalam bidang keamanan. Kami akan melakukan pembicaraan untuk membahas kerjasama antara Uni Eropa dengan Indonesia dalam berbagai bidang keamanan, salah satu keamanan maritim,” ungkap Skoog.

“Dengan adanya kerjasama tersebut kelak, maka UE dapat memberikan banyak bantuan dalam bidang keamanan kepada Indonesia, mungkin salah satunya dalam hal penganan untuk masalah pembajakan seperti yang pernah di alami salah satu anak buah kapal asal Indonesia yang kapalnya di bajak oleh perompak Somalia,” ujar Skoog.

“Bantuan yang diberikan Uni Eropa merupakan upaya untuk menaikan level kerja sama dengan Indonesia. Mengingat Indonesia menjadikan Uni Eropa sebagai mitra utama dalam hubungan multilateral,” lanjut dia.

Skoog menambahkan, dalam pekan UE, pihaknya akan memberikan beasiswa kepada beberapa pelaja Indonesia yang berprestasi.

Sumber : Sindo