Unik, pasir di pantai ini berwarna hijau seperti zaitun

Katakepo.blogspot.com – Nama resminya Pantai Papakolea, tetapi juga dikenal dengan nama Pantai Berpasir HIjau atau Pantai Mahana. Pantai ini terletak di dekat South Point, Distrik Ka’u, Hawaii. Pasir di pantai ini berwarna hijau gelap seperti buah zaitun. Sebenarnya Papakolea merupakan salah satu dari empat pantai dengan pasir hijau yang ada di dunia. Selain Papakolea, ada juga Pantai Talofofo, Punta Cormorant di Galapagos, dan Hornindalsvatnet yang ada di Norwegia.

Seperti ditulis Wikipedia warna hijau pada pasir pantai disebabkan karena materi vulkanik yang berasal dari gunung berapi Pu’u o Mahana yang ada di pulau. Lava gunung berapi tersebut kaya akan mineral silika yang terdiri dari besi dan magnesium. Ketika lava mendingin, mineral silika tersebut mengalami kristalisasi dan berubah menjadi butiran kristal olivine yang berwarna hijau. Olivine sendiri adalah komponen mineral yang umum ditemui dalam materi vulkanik gunung-gunung berapi di Hawaii. Karena warna hijaunya yang berkilau seperti batu zamrud, olivine dianggap oleh penduduk sekitar sebagai ‘berlian Hawaii’.
r54rr
Photo by Your Hawaii Source
t36t3634
Photo by Big Island Guru
uytyjt
Photo by Chemistry About

Ketika Gunung Pu’u o Mahana meletus sekitar 10.000 tahun lalu, gunung tersebut memuntahkan lahar yang kaya akan mineral silika. Ketika laharnya mulai mendingin, terbentuklah kristal-kristal olivine. Kristal olivine ini bercampur dengan materi lainnya dan menutupi permukaan pulau, termasuk bagian pantai. Lama-kelamaan daerah pantai mengalami erosi karena terpaan ombak terus-menerus. Tetapi butiran kristal olivine lebih berat daripada materi vulkanik lainnya. Jadi ketika materi-materi vulkanik lain terseret ombak, kristal olivine di pantai Papakolea tetap di sana dan menjadikan pesisir tampak seperti disiram warna hijau seperti sekarang.