Warga Yordania Inginkan Kedubes Israel Hengkang Dari Negaranya

Protes Warga Yordania. Ilustrasi.
Protes Warga Yordania. Ilustrasi.
BERITA TERKINI, AMMAN — Puluhan warga Yordania berkumpul di dekat Kedutaan Besar Israel di Ibu Kota negeri itu, Amman, Sabtu (11/5). Mereka menyerukan pemerintah untuk menutup kedutaan besar tersebut.

Selama protes tersebut, yang mereka selenggarakan sebagai penolakan atas serangan baru-baru ini oleh pemukim Yahudi terhadap orang yang sedang shalat di Masjid Al-Aqsha. Pemrotes, yang menerobos ke halaman Kedutaan Besar Israel, menyerukan pengusiran duta besar Israel dari Amman.

Pemrotes juga berusaha mendekati gedung Kedutaan Besar Israel tapi pasukan keamanan membubarkan mereka dan mencegah mereka mendekati bangunan tersebut, demikian laporan Xinhua –yang dipantau di Jakarta, Ahad (12/5) pagi.

Pekan sebelumnya, Pemerintah Yordania memanggil duta besar israel di Amman dan menyampaikan pengutukan kerasnya serta penolakan atas pelanggaran ke dalam Masjid Al-Aqsha, salah satu tempat paling suci umat Muslim, oleh sekelompok pemukim ekstrem Yahudi. Yordania menandatangani kesepakatan perdamaian dengan Israel pada 1994. 

Sumber: Republika.online