Yahoo Pasrahkan Layanan Email China Pada Alibaba


Yahoo akan menutup layanan email di China musim panas ini, sebagai bagian dari kesepakatan dengan mitranya Alibaba Group. Menurut Juru bicara Yahoo, layanan rencananya akan ditutup mulai 19 Agustus, sementara pengguna akan diarahkan pada email alternatif Alibaba yang disebut Aliyun.
Juru bicara tersebut dalam suatu pernyataan mengungkapkan, sebagai bagian dari kesepakatan yang kami umumkan mengenai saham Yahoo di Alibaba pada Mei 2012, kami akan menonaktifkan akun Yahoo Mail China pada  19 Agustus 2013. Kami akan menawarkan dua pilihan kepada pengguna agar transisi bisa berjalan selembut mungkin.
Kabar ini muncul hanya beberapa hari setelah Yahoo mengungkapkan rencananya menonaktifkan sejumlah produk antara lain Yahoo Deals, SMS Alerts, Kids dan Mail versi lama. Sebagian besar akan ditutup pada 30 April, kecuali Mail yang masih bertahan hingga 3 Juni. Pengguna bisa mengupgrade pada versi yang lebih baru atau bermigrasi pada Yahoo Mail yang baru-baru ini diluncurkan untuk iPad dan tablet Android.
Ini bukan pertama kalinya Yahoo tersebut menarik diri dari pasar Asia, perusahaan pada akhir tahun lalu juga telah meninggalkan Korea. Saat itu Yahoo mengungkapkan, masih berkomitmen untuk Asia Pasifik dimana bisnis perusahaan masih solid dan terdapat sejumlah peluang pertumbuhan seluruh konten perusahaan, komunikasi, maupun situs layanan dan ecommerce.
Menurut Associated Press, Yahoo telah menjual setengah dari 20 persen sahamnya di Alibaba senilai 7.6 milyar USD pada musim gugur lalu, kini sisa saham perusahaan bernilai sekitar 14 milyar USD.